Jurnal Akuntansi Manado (JAIM)
Volume 3. Nomor 2. Agustus 2022

Pengaruh Likuiditas Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Kebijakan Hutang (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015 - 2019))

Priska Trivena Aurilia Boseke (Mahasiswa)
Lenny Evinita (Manado state University)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas dan pertumbuhan penjualan terhadap kebijakan hutang perusahaan pertambangan. Dalam penelitian ini, kebijakan hutang diukur menggunakan debt to equity ratio (DER). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 sampel yang diperoleh dari 49 perusahaan pertambangan selama 5 tahun dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah data observasi sebanyak 50 data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS untuk mengolah data. Data penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 – 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas tidak memiliki pengaruh terhadap kebijakan hutang dan pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh terhadap kebijakan hutang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jaim

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Akuntansi Manado (JAIM) is an open access journal published by Accounting Departement of Economic Faculty Manado State University in collaboration with Institute of Indonesia Chartered Accountants-KAPd. The journal aims to provide a qualify accounting articels produce by Lecturers, ...