Jurnal Akuntansi Manado (JAIM)
Volume 3. Nomor 3. Desember 2022

Pengaruh Karakteristik Good Corporate Governanace Terhadap Penghindaran Pajak (Studi pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2019)

Cyntia Natania Kadjiman (Mahasiswa)
Jaqueline Tangkau (Manado state University)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik good corporate governance terhadap penghindaran pajak perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan variabel independen good corporate governance yang diukur menggunakan proxi komisaris independen dan komite audit sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah penghindaran pajak yang diukur dengan CETR. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh sebanyak 9 perusahaan industri barang konsumsi yang memenuhi kriteria dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada rentang waktu tahun 2015–2019. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa komisaris independen berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak dan komite audit tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jaim

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Akuntansi Manado (JAIM) is an open access journal published by Accounting Departement of Economic Faculty Manado State University in collaboration with Institute of Indonesia Chartered Accountants-KAPd. The journal aims to provide a qualify accounting articels produce by Lecturers, ...