Jurnal Akuntansi Manado (JAIM)
Volume 4. Nomor 1. April 2023

PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN LABA AKUNTANSI TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI (STUDI KASUS PADA SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN PADA TAHUN 2018-2020)

Eka Tridesnal L. Simanjuntak (Universitas Negeri Manado)
Henry Tamboto (Universitas Negeri Manado)
Cecilia Lelly Kewo (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2023

Abstract

Perkembangan perekonomian di era globalisasi membuat perusahaan mencari cara agar mendapatkan laba yang besar bagi perusahaan. Saat mengambil keputusan investasi, investor membutuhkan informasi tentang penilaian saham. Para investor mempertaruhkan suatu nilai sekarang untuk nilai masa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh arus kas operasi dan laba akuntansi terhadap return saham perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui hubungan antar variabel. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan menggunakan documenter dan data sekunder. Diolah melalui Eviews 12. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa arus kas operasi secara parsial dan signifikan tidak berpengaruh terhadap return saham dan laba akuntansi secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap return saham serta arus kas operasi dan laba akuntansi secara simultan dan signifikan tidak berpengaruh terhadap return saham.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jaim

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Akuntansi Manado (JAIM) is an open access journal published by Accounting Departement of Economic Faculty Manado State University in collaboration with Institute of Indonesia Chartered Accountants-KAPd. The journal aims to provide a qualify accounting articels produce by Lecturers, ...