Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika
Vol 9 No 2 (2021)

Analisis Kemampuan Representasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Datar

Mulyadi, Nabyllah Agnielia (Unknown)
Fiangga, Shofan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2022

Abstract

Abstract Representation is the embodiment of a student's idea of a problem, and representation is used to assist students in solving the problem. This research is qualitative research that aims to analyze students' representational abilities in solving problems of two-dimensional figure. The research instrument consisted of test questions with a two-dimensional figure material and interviews. The research subjects were 2 junior high school students in Surabaya City who had different representational abilities. The results showed that students had moderate representational abilities, because they gave rise to 2 indicators of representational ability, namely indicators of verbal and symbolic representation in different ways of conveying, but the two subjects had not yet produced indicators of visual representation. Keywords: Representation ability, junior high school, two-dimensional figure Abstrak Representasi adalah perwujudan ide dari seorang siswa terhadap suatu masalah, dan representasi digunakan untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes dengan materi bangun datar dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah 2 siswa SMP Kota Surabaya yang memiliki kemampuan representasi berbeda, subjek AM memenuhi indikator representasi A1, C1 dan subjek MIS memenuhi indikator representasi A1, C1, A2, C2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan representasi sedang, karena memunculkan 2 tipe kemampuan representasi yaitu tipe representasi verbal dan simbolik dengan cara penyampaian yang berbeda, namun kedua subjek belum memunculkan tipe representasi visual. Kata Kunci: Kemampuan representasi, siswa SMP, bangun datar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

urnal SOULMATH berisi tulisan yang berasal dari hasil penelitian, kajian, atau karya ilmiah di bidang Pendidikan Matematika. Terbit dua kali setahun yaitu Maret dan Oktober. Artikel yang masuk akan direview oleh reviewer yang berkompeten di ...