Jotika Journal in Education
Vol. 2 No. 2 (2023): Februari

ANALISIS EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI ERA 5.0

Ayu Purnamasari S (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Pekanbaru, Indonesia)
Hadion Wijoyo (STMIK Dharmapala Riau, Pekanbaru, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2023

Abstract

Efektifitas belajar adalah suatu keadaan dimana terdapat kesesuaian antara orang yang melaksanakan tugas dengan tujuan yang dituju. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang mengandung unsur budaya. Penerapan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari bertujuan untuk menanamkan nilai cinta tanah air dan bahasa Indonesia. Sebagai sebuah budaya, bahasa tentu memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh bahasa lain. Apalagi di Indonesia sendiri, penggunaan bahasa Indonesia harus ditekankan. Meskipun demikian, banyak siswa yang menyepelekan bahasa Indonesia yang terlihat mudah namun melupakan kaidah penulisan bahasa Indonesia. Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah merambah ke segala bidang kehidupan masyarakat, termasuk bidang pendidikan. Di era revolusi pembelajaran 4.0, pembelajaran hybrid/blended learning dan case-based learning dapat diterapkan. Pendidikan di Era Masyarakat 5.0 juga memungkinkan pelajar atau mahasiswa untuk belajar secara paralel dengan robot yang ditujukan untuk melengkapi peran pendidik. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja pendidikan tinggi Indonesia di Era 5.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian kepustakaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJE

Publisher

Subject

Education

Description

Jotika Journal in Education diterbitkan oleh Jotika English and Education Center Tangerang, Indonesia dengan e-ISSN 2807-6788 merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan ...