Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS)
Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS), September 2022

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS V SD

Tri wiyoko (STKIP Muhammadiyah Muara Bungo)
Puput Wahyu Hidayat (STKIP Muhammadiyah Muara Bungo)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan pemahaman konsep IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas V SD Negeri 102/II Sungai Kerjan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal tes pemahaman konsep IPA. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses belajar yang dialami peserta didik dari siklus I sebesar 75% meningkatdi siklus II sebesar 85%. Selanjutnya untuk pemahaman konsep IPA mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 53,33% meningkat di siklus II sebesar 86,67%. Jadi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan proses dan pemahaman konsep IPA bagi peserta didik di kelas V sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPVS

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS) merupaka jurnal penelitian dan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner. Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS) menerima naskah Ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan vokasi dan seni. Naskah yang diterima akan ...