Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP)
Vol. 1 No. 7 (2021)

Pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 02 Batu

Debora Febbivoyna (Unknown)
Sumarjono Sumarjono (Unknown)
Bambang Tahan Sungkowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar fisika. Model pembelajaran Discovery Learning termasuk level pertama dari Levels of Inquiry merupakan model pembelajaran yang membuat siswa aktif menemukan konsep fisika serta mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Melalui model pembelajaran Discovery Learning, siswa mampu menguasai konsep fisika dan mampu meningkatkan prestasi belajarnya. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 3,06, sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan cara konvensional adalah 2,77. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan secara konvensional. 2) Model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 02 Batu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Energy Immunology & microbiology Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) is a publication that focuses on education, particularly in the areas of mathematics and natural sciences. The journal publishes articles, research papers, and other relevant manuscripts related to the teaching and learning of these subjects. It provides a ...