Pertumbuhan dan perkembangan pada Anak Usia Dini (AUD) 0-8 tahun berjalan begitu cepat. Pada rentang usia tersebut menjadi momentum terbaik untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada AUD. Pendidikan karakter merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh guru dan orangtua. Penanaman pendidikan karakter menjadi hal yang sangat urgen bagi tumbuh kembang anak di tengah kehidupan sosial, meskipun dalam pelaksanaannya dilakukan melalui pembelajaran secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali bagaimana proses transformasi pendidikan karakter AUD melalui motode blended learning di era covid-19. Selain itu untuk mengetahui hambatan penerapan pendidikan karakter AUD dengan motode blended learning di era covid-19 dan nilai karakter apa yang muncul pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif, dengan rangkaian pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun proses analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter pada AUD dimasa pademi dilakukan secara daring lewat video call, mengirim short video tentang kisah teladan, bacaan Al-Quran dan pemberian tugas. Selain itu guru juga melakukan kunjungan rumah untuk melihat dan mengetahui perkembangan sikap anak-anak. Hambatan dalam pembelajaran daring yaitu; kesulitan biaya internet, siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan, kesulitan menggunakan gawai, orangtua sibuk bekerja, dan kesulitan guru dalam mengevaluasi. Adapun nilai-nilai karakter yang muncul terhadap siswa saat pembelajaran melalui metode blended learning yaitu; (1) Nilai karakter disiplin, (2) Nilai karakter religius, (3) Nilai karakter kreatif, (4) Nilai karakter mandiri, (5) Nilai karakter tanggung jawab, dan kejujuran
Copyrights © 2022