Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol 4 No 1 (2023): April

Analisis Soal Latihan pada Buku Soal Fisika Kelas XI berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Dilihat dari Prespektif Higher Order Thinking Skill pada Pokok Bahasan Fluida

Cantika Dyah Anggraeni (Universitas Mulawarman)
Muhammad Yunus (Universitas Mulawarman)
Puardmi Damayanti (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan distribusi soal-soal pada pokok bahasan fluida dalam buku pelajaran fisika kelas XI yang ditinjau dari indikator soal high order thinking skills menurut level kognitif pada taksonomi Bloom revisi yang dimana dalam pokok bahasan fluida tersebut terdiri dari 165 butir soal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Proporsi soal yang mendorong higher order thinking skill paling besar pada kategori prosedural C4 sebesar 7,27 %, sedangkan pada kategori konseptual C4 hanya sebesar 2,47 %. Pada tingkatan soal C5 dan C6 masing-masing memiliki persentase kemunculan 0%. Secara keseluruhan persentase soal yang mengembangkan higher order thinking skills mencapai 9,70% dari proporsi soal pada buku ajar pada setiap bab yang mencapai 4,15% sehingga persentase kemunculan soal yang mengembangkan keterampilan tingkat tinggi sudah mencapai standar yang ada.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...