AKASYAH: Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Audit Syariah
Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal AKASYAH: Akuntansi, Keuangan dan Audit Syariah

EVALUASI PELAKSANAAN AUDIT OPERASIONAL SEBAGAI DASAR MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI FUNGSI PEMASARAN PADA PT. SHINARI PUTRA KENCANA (Hyundai)

Khairunnisa Asri, Yenni Samri Juliati Nasution, Kusmilawaty (uin sumatera utara)



Article Info

Publish Date
11 May 2023

Abstract

Evaluasi dalam pelaksanaan audit operasional sebagai dasar menilai efektivitas dan efisiensi fungsi pemasaran adalah pembuatan SOP tertulis agar mengetahui secara keseluruhan tugas-tugas dan memudahkan tanggung jawab karyawan, membuat promosi besar-besaran atau event, membuat sanksi bagi pembeli yang telat dalam pembayaran yang telah di tentukan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pelaksanaan audit operasional fungsi pemasaran pada PT. Shinari Putra Kencana (Hyundai) dan mengetahui faktor-faktor penghambat tidak tercapainya efektivitas dan efisiensi fungsi pemasaran. Penelitian ini berlokasi pada Jl. Gatot Subroto Medan No 263 Pinang Baris. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini terdiri 8 orang yaitu manager marketing, manager service, chasir, cheo, trainer, sales dan 2 orang karyawan. Untuk menjadi objek penelitian ini seputar audit operasional dan fungsi pemasaran dengan menggunakan sumber data sekunder dan primer, dan teknik pengumpulan datanya berupa dokumentasi, observasi dan interview. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan audit operasional terdapat 5 tahap yaitu dengan pelaksanaan audit pendahuluan, riview dan pengendalian manajemen, audit terinci, pelaporan dan perbaikan. Dan penelitian ini juga telah mengetahui faktor- faktor penghambat tidak tercapainya efektivitas dan efisiensi fungsi pemasaran yaitu, dengan menggunakan aspek keterlibatan, konsistensi, adaptasi dan mision. Penghambat yang ditemukan adalah naik-turunnya omset penjualan, sistem kinerja yang tidak mengikuti SOP menjadikan kinerja tidak sesuai prosedur, sistem mekanisme yang overload, dan ketidak adaan stock produk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

AKASYAH (Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Audit Syariah) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Jurusan Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo. Jurnal ini berfokus pada Akuntansi, Keuangan dan Audit Syariah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada ...