JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 6, No 1 (2023): JIMB - VOLUME 6 NOMOR 1 MEI 2023

Antecedent of Customer E-Satisfaction in The Influence of E-Service Quality and Promotion Towards Customer Repurchase Intention

Muhammad Aisan Aqli (Universitas Lambung Mangkurat)
Mohammad Yudy Rachman (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan promosi terhadap minat beli ulang (repurchase intention) melalui e-satisfaction pada konsumen e-commerce Shopee di Banjarmasin. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Populasinya adalah masyarakat Banjarmasin yang pernah melakukan pembelian di aplikasi Shopee dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linear (linear regression) dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction. Kemudian e-service quality, promosi dan e-satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang (repurchase intention). Temuan lain di dalam penelitian ini membuktikan bahwa pengaruh e-service quality dan promosi terhadap minat beli ulang (repurchase intention) aplikasi Shopee di Banjarmasin dapat melalui e-satisfaction.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...