PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 7 No 1 (2023): Pebruari, PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN KELAS V MELALUI BUKU SAKU DIGITAL

I. Noerdiansyah (Universitas Pendidikan Ganesha)
I.N. Sudiana (Universitas Pendidikan Ganesha)
Sariyasa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2023

Abstract

Pentingnya pengintegrasian teknologi ke dalam materi pembelajaran saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku digital untuk meningkatkan hasil PPKn kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research Development, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian ini adalah 82 siswa kelas V, 6 orang ahli, dan 2 orang guru. Instrumen pengumpulan data pada kuesioner terdiri dari terdiri dari validasi aspek materi, bahasa, dan kegrafikan. Kemudian instrumen angket respon guru dan respon siswa. Teknik analisis data pada pengembangan buku saku digital ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diantaranya adalah hasil validasi ahli materi sebesar 5,00 dengan kategori sangat baik dengan skor maksimum 5.00, kemudian ahli bahasa sebesar 4,50 dengan kategori sangat baik dengan skor maksimum 5.00, dan ahli kelayakan kegrafikan sebesar 4,43 dengan kategori sangat baik dengan skor maksimum 5.00. Hasil tahapan one to one evaluation dan small group evaluation yang memperoleh hasil rata-rata sebesar 3,6 untuk one to one evaluation dan 3,4 untuk small group dan termasuk dalam kategori sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil efektivitas juga menunjukkan bahwa presentasi ketuntasan menunjukkan 100% peserta didik memiliki nilai yang tuntas, artinya materi dalam buku digital mampu dipahami. Pada nilai perolehan (N-Gain) mendapat hasil perolehan termasuk kategori sedang sehingga bahan ajar buku digital memiliki pengaruh dengan kategori sedang terhadap pemahaman materi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku saku digital yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan pada pembelajaran PPKn kelas V SD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal_pendas

Publisher

Subject

Education

Description

The PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia publishes research manuscripts in the field of elementary education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to primary ...