Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology
Vol. 1 No. 1 (2023)

ANALISA PEMAKAIAN ALAT KESEHATAN SEKALI PAKAI DENGAN METODE AHP

Anastasia Siwi Fatma Utami (Sistem Informasi Akuntansi, Fakultas Tehnik dan Informatika, Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Alat kesehatan merupakan barang yang sangat dibutuhkan dalam dunia medis. Pada rumah sakit, ada banyak alat kesehatan yang digunakan. Karena terlalu banyak jenis alat kesehatan yang dipakai , maka dibuatlah sebuah perbandingan untuk memilih alat kesehatan yang sering digunakan pada rumah sakit khususnya oleh perawat kamar bedah (OT). Maka dibuatlah sebuah penelitian dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP merupakan suatu alternatif untuk mengambil keputusan yang memiliki beberapa tujuan atau kriteria. Untuk menyelesaikan penginputan dibantu dengan aplikasi Expert Choice 11. Dari hasil pengolahan data, maka disimpulkan untuk pemakaian alat kesehatan yang sering digunakan pada rumah sakit ada beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu kemasan, kualitas, pemakaian dan indikasi. Sedangkan alat kesehatan yang sering digunakan yaitu Pencil Couter, Grounding Plate, Jarum Suntik dan Sarung Tangan dilihat dari hasil consistency manual di ms.excel dan hasil inconsistency di expert choice. Sedangkan dilihat dari overall composit weight Pencil Couter yang paling unggul. Bedasarkan analisa untuk alat kesehatan yang sering digunakan pada rumah sakit adalah Pencil Couter dengan nilai yang sudah didapat melalui perhitungan yaitu 0,328. Maka dapat disimpulkan adanya (H0) kemudaham memilih alat kesehatan yang sering digunakan pada rumah sakit ditolak dan H1 diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijmst

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Engineering Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran, dan kajian kritis-analitik mengenai penelitian di bidang Multidisiplin Sosial dan Teknologi. Hal ini merupakan bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu yang ...