Jurnal Ekonomi Bisnis Digital
Vol 1 No 2 (2022): Research Article Volume 1 Issue 2 July 2022

Pengaruh Person Job Fit dan Person Organization Fit Terhadap Komitmen Organisasional dan Organization Citizenship Behavior:

Dhea Nickita (Mahasiswa)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk melihat pengaruh person job fit terhadap komitmen organisasional dan organizational citizenship behavior (OCB), serta melihat pengaruh person organization fit terhadap komitmen organisasional dan organizational citizenship behavior (OCB). Peneliti melakukan reserch pada Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera II. Banyaknya jumlah populasi diperusahaan sekitar 400 orang, sedangkan sampel yang dipakai oleh peneliti sebanyak 200 orang dengan menggunakan metode rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa person job fit memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional dan organization citizenship behavior (OCB), sedangkan person organization fit tidak memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap komitmen organisasionla dan organization citizenship behavior (OCB). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu organisasi merekrut, menyaring serta penempatan para pekerja yang ingin bergabung di dalam organisasi secara teliti, agar organisasi memiliki sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dapat mencapai tujuan utama suatu organisasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jebidi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis Digital adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis digital. Jurnal Ekonomi Bisnis Digital JEBIDI terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan Nopember. JEBIDI bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis digital yang ...