Jurnal Ekonomi Bisnis Digital
Vol 1 No 2 (2022): Research Article Volume 1 Issue 2 July 2022

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha dengan Menggunakan Theory of Planned Behavior dan Perceived Desirability Dimoderasi oleh Gender (Studi Kasus Mahasiswa FEB Prodi Manajemen Universitas Harapan Medan)

Nur Salam Al Hafiz (Unknown)
Aulia Arief Nasution (Universitas Harapan Medan)
Annisa Suvero Suyar (Universitas Harapan Medan)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh attitude toward behavior, subjective norms, perceived behavioral control dan perceived desirability terhadap minat berwirausaha secara parsial serta untuk mengetahui apakah gender memoderasi pengaruh attitude toward behavior, subjective norms, perceived behavioral control dan perceived desirability terhadap minat berwirausaha secara parsial. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik penelitian populasi. Teknik analisis yang digunakan adalah MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude toward behavior tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha, subjective norms berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, perceived behavioral control berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, perceived desirability tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Gender memoderasi pengaruh attitude toward behavior terhadap minat berwirausaha, gender memoderasi pengaruh subjective norms terhadap minat berwirausaha, gender memoderasi pengaruh perceived behavioral control terhadap minat berwirausaha dan gender memoderasi pengaruh perceived desirability terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa FEB Prodi Manajemen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jebidi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis Digital adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis digital. Jurnal Ekonomi Bisnis Digital JEBIDI terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan Nopember. JEBIDI bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis digital yang ...