Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen)
Vol 2, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen)

Pengaruh Kualitas Produk, Penetapan Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Persepsi Merek (Pada PT. Megapolitan di Jakarta)

Amirudin Amirudin (Universitas Pamulang)
Ade Yusuf (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Penetapan Harga dan  Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Persepsi Merek Pada  PT. Megapolitan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan asosiatif. Tanggapan responden tentang kualitas produk mendapatkan score 4,00, penetapan harga sebesar 4,05, kualitas pelayanan sebesar 3,67, kepuasan pelanggan sebesar 4,09 dan persepsi merek sebesar 3,87. Secara keseluruahn kondisi variabel berada dalam rentang skala 3,40-4,19 dengan kriteria baik. Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan sebesar 42,71%. Dari pengujian hipotesis diperoleh t-statistic 3,617 lebih besar dari t tabel 2,013 atau (3,617 > 2,013), hal ini juga ditunjukkan dengan nilai probability 0,0007 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 29,93%. Dari pengujian hipotesis diperoleh t-statistic 2,529 lebih besar dari t tabel 2,013 atau (2,529 > 2,013), hal ini juga ditunjukkan dengan nilai probability 0,0149 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 24,538%. Dari pengujian hipotesis diperoleh t-statistic 2,268 lebih besar dari t tabel 2,013 atau (2,268 > 2,013), hal ini juga ditunjukkan dengan nilai probability 0,0280 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan, kualitas produk, penetapan harga dan kualitas pelayanan memiliki berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 0,750131 + 0,427135X1 + 0,299308X2 + 0.245388X3, dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 52,92% dan sisanya 47,08% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai F-statistic lebih besar dari f tabel  atau (17,23561 > 2,700) hal itu juga dibuktikan dengan Prob.(F-statistic < 0,05 atau (0,000 < 0,05). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh secara simultan antara kualitas produk, penetapan harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap persepsi merek sebesar 34,96%. Dari pengujian hipotesis diperoleh t-statistic 2,082 lebih besar dari t tabel 2,013 atau (2,082 > 2,013), hal ini juga ditunjukkan dengan probability 0,0427 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap persepsi merek.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JISM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science Physics Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah SWARA MaNajemen (Sawara Mahasiswa Manajemen) Universitas Pamulang ini merupakan kumpulan jurnal hasil karya mahasiswa dan Dosen Prodi Manajemen S-1 Universitas Pamulang. Pada jurnal ini memuat jurnal berbagai konsentrasi yang terdapat pada Prodi Manajemen Unpam tersebut yaitu jurnal ...