Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 11, No 1 (2022)

KORELASI ANTARA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI

Ruslinda Nur (Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar)
Wahyuniar Wahyuniar (Universitas Musamus)
Rusnianti Nur (Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran Flipped Classroom. Populasi penelitian adalah seluruh siswa XI IPA 3 SMAN 6 Makassar Tahun Ajaran 2021-2022. Sampel penelitian sebanyak 64 siswa yang dipilih menggunakan uji kesetaraan. Pengumpulan data berpikir kritis menggunakan tes essai yang terintegrasi dengan tes hasil belajar siswa pada materi menulis cerpen. Hasil analisis data menunjukkan terdapat korelasi antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Adanya korelasi karena berpikir kritis dapat memberdayakan dan meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pbs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN 2302-3503) is a peer-reviewed scientific open access journal. It has been published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ...