Agroindustrial Technology Journal
Vol. 7 No. 1 (2023): "Special issue Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SNST) 2022"

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE FULL COSTING PADA PEMBUATAN SABUN MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN BABADOTAN (AGERATUM CONYZOIDES)

Dewi Sartika (Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung)
Shela Yawli Febrianda (Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung)
Susilawati Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Babadotan memiliki kandungan aktif seperti alkaloid, saponin, polifenol, minyak atsiri dan flavonoid. Bagian daun memiliki sifat bioaktifitas sebagai antibakterial dan dapat digunakan sebagai penghambat miktoorganisme. Kandungan tersebut mampu melindungi kulit dari berbagai jenis infeksi mikroorganisme. Babadotan memiliki fungsi yang sangat potensial untuk meningkatkan kualitas dan nilai tambah pada sabun mandi cair. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui harga pokok produksi, harga jual serta laba yang didapat pada pembuatan sabun cair menggunakan daun babadotan. Metode penentuan biaya produksi menggunakan metode Full Costing. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengecekan pasar serta analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa usaha sabun cair dari ekstrak babadotan mampu memberikan laba perbulan sebesar Rp.13.729.675 dengan harga jual Rp.19.802.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

atj

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Agroindustrial Technology Journal adalah publikasi ilmiah tentang teknologi, rekayasa proses, dan manajemen ataupun aplikasi dari keilmuan tersebut dalam ranah teknologi industri pertanian. Artikel dapat berupa hasil penelitian, komunikasi singkat ataupun berupa ulasan ...