Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis

Strategi Pemasaran Pada Tradisi Beach Front Villa di Masa New Normal Pandemi Covid-19

I Komang Boy Pratama (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
I Made Trisna Semara (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Komang Shanty Muni Parwati (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Bali yang merupakan icon pariwisata Indonesia yang mengalami mati suri akibat wabah COVID-19 yang berkepanjangan. Salah satu akomodasi yang ada dibali, yang sangat merasakan dampak dari COVID-19 ini adalah Tradisi Beach Front Villa. Maka penelitian ini diharapkan dapat membantu manajemen Tradisi Beach Front Villa untuk mengetahui dan menentukan strategi pemasaran dengan teknik bauran pemasaran serta metode SWOT yang tepat, sehingga dapat meningkatkan tingkat hunian kamar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Studi Pustaka, Observasi, Wawancara, Kuesioner, Studi Dokumentasi, dan Teknik Analisis Data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, Analisis SWOT, IFAS, dan EFAS. Hasil strategi pemasaran pada Tradisi Beach Front Villa, yaitu villa ini menggunakan variabel SWOT untuk membentuk strategi pemasaran mereka. Hasil analisis IFAS diketahui skor dari kekuatan adalah 2.21 dan skor dari kelemahan yaitu 1.35. Sedangkan untuk analisis EFAS diketahui skor dari peluang adalah 1.99 dan skor dari ancaman adalah 1.38. Hasil dari Kuadran SWOT, perusahaan berada di kuadran 1 yaitu strategi agresif. Tradisi Beach Front Villa memiliki potensi internal dan eksternal yang bermanfaat dalam mendatangkan customer pada masa new normal pandemi COVID-19. Bali, which is an Indonesian tourism icon, has died suspended due to the prolonged COVID-19 outbreak. One of the existing accommodation In Bali, one that has really felt the impact of COVID-19 is the Beach Front Tradition Villas. So this research is expected to help the management of the Beach Front Tradition Villa to find out and determine marketing strategies with mix techniques appropriate marketing and SWOT methods, so as to increase occupancy rates room. Data collection techniques in this study were library research, observation, Interviews, Questionnaires, Documentation Studies, and Data Analysis Techniques. While technique data analysis used is Qualitative Descriptive Analysis, SWOT Analysis, IFAS, and EFAS. The results of the marketing strategy on the Beach Front Villa Tradition, namely this villa use SWOT variables to shape their marketing strategy. Analysis results IFAS known that the score of strength is 2.21 and the score of weakness is 1.35. Meanwhile, for the EFAS analysis, it is known that the score of opportunity is 1.99 and the score is 1.99 threat is 1.38. The results of the SWOT Quadrant, the company is in quadrant 1 namely aggressive strategy. Tradition Beach Front Villa has internal and external potential useful in bringing in customers during the new normal during the COVID-19 pandemic.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...