Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Vol. 5 No. 2 (2022): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah

Analisis Strategi Pemasaran Online Produk Fashion Pada UMKM di Kota Surabaya

Mey Kurnia Lestari (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Masruchin (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Diah Krisnaningsih (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Strategi pemasaran sebagai salah satu cara untuk meningkatkan daya saing dalam suatu usaha. Saat ini banyak UMKM yang memasarkan produknya secara online dengan mengandalkan teknologi internet. Dalam kegiatannya, UMKM hanya perlu memasarkan produknya melalui media E-Commerce sehingga mudah untuk menarik minat konsumen. E-Commerce juga tidak memerlukan modal yang besar dengan adanya internet dan produk yang akan dipasarkan pada media E-Commerce. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran produk fashion sacara online pada UMKM di Kota Surabaya. 2) Untuk mengetahui bagaimana pemasaran secara online yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, pengumpulan data dilakukan melaui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan juga menggunakan teknik SWOT. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa yang dilakukan oleh UMKM dalam memasarkan produknya dengan menggunakan media E-Commerce. Dalam memasarkan produknya UMKM harus menyiapkan product (Barang/Jasa), price (Harga), distribution (Distribusi), dan promotion (promosi) dengan adanya tahap tersebut UMKM dapat mempersiapkan diri dalam mengdapai pesaing yang memiliki produk yang sama sehingga dapat mengurangi resiko kerugian penjualan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syarikat

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah meliputi hasil penelitian dan non-penelitian (kajian teoritis, aplikasi teori dan review) tentang masalah-masalah keilmuan yang tergabung dalam rumpun ekonomi ...