EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Pelaksanaan Pembelajaran Daring di FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara

Giyatmi Giyatmi (Universitas Veteran Bangun Nusantara)
Paramitta Purbosari (Universitas Veteran Bangun Nusantara)
Ahmad Rosyid (Universitas Veteran Bangun Nusantara)
Adi Deswijaya (Universitas Veteran Bangun Nusantara)
Ika Murtiningsih (Universitas Veteran Bangun Nusantara)



Article Info

Publish Date
13 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran online di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah hasil angket pelaksanaan pembelajaran online yang diberikan kepada mahasiswa semester 1, 3, 5, dan 7 FKIP. Responden dari 12 program studi berjumlah 213 orang. Instrumen penelitian adalah google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online di FKIP Univet Veteran Bangun Nusantara berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari adanya platform e-learning berbasis Learning Management System yaitu SPADA Univet. Kesiapan dosen juga mendukung pelaksanaan pembelajaran online. Sebagian besar perkuliahan sudah menggunakan Spada Univet. Ada juga penggunaan konferensi video seperti Google Meet dan Zoom Meeting dalam pembelajaran sinkron. Perkuliahan sudah menggunakan aplikasi evaluasi seperti Kahoot, Quizizz, Google Form. Para dosen juga memberikan umpan balik bagi mahasiswa tentang pembelajaran online. Siswa dapat mengakses materi dengan mudah. Namun, tentu saja ada kekurangan pada proses pembelajaran online, yaitu koneksi internet.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...