Jurnal Lentera Farma
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Lentera Farma

Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Papusungan, Kecamatan Lembeh Selatan, Kota Bitung

Juita S. D. Tatara (Unknown)
Gayatri Citraningtyas (Unknown)
Imam Jayanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Kepuasan pasien sebagai bentuk outcome dari kenerja atau pelayanan yang diperoleh, semakin baik pelayanan yang diterima maka kepuasan pasien akan semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Papusungan, Kecamatan Lembeh Selatan, Kota Bitung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan survey deskriptif, menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling. Penelitian dilakukan dengan menggunakan alat ukur kuisioner kepada 263 responden yang memenuhi kriteria inklusi, dan lembar wawancara untuk Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasian di Puskesmas Papusungan, Kecamatan Lembeh Selatan, Kota Bitung. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kepuasan pasien pada masing-masing dimensi yaitu bukti fisik sebesar –0,002, dimensi kehandalan sebesar -0,002, jaminan sebesar -0,002, daya tanggap sebesar 0,002 dan empati sebesar 0,009. Dengan total rata-rata dari keseluruhan dimensi sebesar 0,001. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Papusungan, Kecamatan Lembeh Selatan, Kota Bitung berada pada rentang positif yang dapat diartikan bahwa pasien puas dengan pelayanan yang diterima saat berobat di Puskesmas Papusungan, Kecamatan Lembeh Selatan, Kota Bitung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Jurnal Lentera Farma merupakan jurnal ilmiah online yang mempublikasikan hasil penelitian di bidang farmasi. Terbit sebanyak dua kali setahun, yakni periode Januari - Juni, dan periode Juli - ...