Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research
Vol 7 No 2 (2023): JISAMAR : May 2023

User Experience Questionnaire (UEQ) Sebagai Metode Pengukuran Evaluasi Pengalaman Pengguna Virtual Campus Tour Universitas Pembangunan Nasional (UPN)

Kevin Khanza Pangestu (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia)
Tri Lathif Mardi Suryanto (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia)
Arista Pratama (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 May 2023

Abstract

Implementasi teknologi oleh sebuah perguruan tinggi dapat meningkatkan kualitas dan daya tarik perguruan tinggi tersebut. Seperti teknologi virtual campus tour yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui dan mengenal lingkungan kampus secara virtual tanpa harus langsung datang kesana. UPN VCT (Virtual Campus Tour) milik UPN “Veteran” Jawa Timur merupakan simulasi beberapa lokasi yang ada di lingkungan kampus tersebut. Sebagai sarana pengenal dan branding kampus bagi calon mahasiswa kampus ini dan masyarakat lainnya, UPN VCT seharusnya memberikan pengalaman pengguna yang baik dan berkesan. Namun berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada beberapa siswa SMAN 1 Batuan, Sumenep, ditemukan beberapa kendala yang dialami pengguna seperti tidak adanya informasi cara penggunaan UPN VCT, tidak adanya informasi terhadap fitur yang tersedia, hingga adanya fitur tautan menuju website fakultas atau jurusan yang saat itu sedang dituju pengguna kurang terlihat oleh pengguna. Permasalahan tersebut menyebabkan kurang baiknya pengalaman pengguna sehingga turut mengurangi rasa percaya pengguna dalam menggunakan UPN VCT sebagai pengenal kampus digital. Penelitian ini akan mengevaluasi pengalaman pengguna di SMAN 1 Batuan terhadap UPN VCT menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Berdasarkan hasil pengukuran yang diperoleh, nilai rata-rata pada skala Daya Tarik bernilai 1.73, skala Kejelasan bernilai 1.65, skala Efisiensi bernilai 1.64, skala Ketepatan bernilai 1.52, skala Stimulai bernilai 1.74, dan skala Kebaruan bernilai 1.41. Pada uji korelasi data ditemukan bahwa keenam skala bernilai >0.70, yang berarti seluruh skala yang digunakan tergolong reliabel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jisamar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JISIMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), terbit empat kali setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November, memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Sistem ...