Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengelolaan Keuangan dalam konteks Manajemen Berbasis Sekolah Melalui Pemberdayaan Alumni (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta)

Ayu Wulandari (Universitas Negeri Surabaya)
Hardianto Hardianto (Universitas Pasir Pangaraian)
Eddy Setyanto (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Bhakti)
Arifanisa Arifanisa (STKIP Kusumanegara)



Article Info

Publish Date
10 May 2023

Abstract

Artikel ini berisi tentang analisis implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) ditinjau dari keuangan pesantren (pesantren). Pendidik dan tenaga pendidik di pondok pesantren, khususnya yang berpenghasilan rendah dengan keikutsertaan sumbangan tamatan pesantren. Fokus utama dalam analisis ini dilihat dari segi pengelolaan keuangan dalam konteks MBS di Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta. Artikel ini mengungkapkan bagaimana alumni diberdayakan untuk mencapai tujuan pondok pesantren melalui metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi kegiatan yang dilakukan oleh wisudawan. Pengelolaan keuangan di Pondok Pesantren Daarul Rahman ditinjau dari sumber penerimaan keuangan dan pelaporan keuangan berdasarkan persetujuan Bapak Kyai Ponpes Daarul Rahman yang memenuhi kaidah baku penggunaan keuangan pondok pesantren.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...