Pengembangan Video Pembelajaran pembuatan Poster sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian di Kelas IV di SDN 6 Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video membuat video pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SDN 6 Ponelo Kepulauan, mengetahui efektifitas media tersebut, serta mengetahui respon guru sebagai kelompok kecil yang memberikan pernyataan dengan adanya media tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan menurut model Thiagarajan. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian dan pengembangan ini, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran video membuat poster yang dikembangkan untuk menambah variasi media pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video membuat video yang dikembangkan menggunakan model Thiagarajan telah dinyatakan valid. Tingkat kevalidan media pembelajaran video membuat video sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) ahli media diperoleh persentase skor sebesar 95,45% dengan kriteria penilaian sangat valid. Penilaian kevalidan media dari Guru yang didapatkan melalui uji coba produk pada kelompok kecil yaiitu diperoleh persentase skor sebesar 94,84,43% dengan kriteria penilaian sangat valid serta memiliki tingkat efektifitas.
Copyrights © 2023