Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar

Sofyan Iskandar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Primanita Sholihah Rosmana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Gaida Farhatunnisa (Universitas Pendidikan Indonesia)
Iis Mayanti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muslimah Apriliya (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tegar Selaras Gustavisiana (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Kurikulum di Indonesia mengalami banyak perkembangan. saat ini kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang di terapkan di tahun 2022, kurikulum merdeka terbagi menjadi 3 jenis kurikulum yaitu mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagai yang diterapkan sesuai dengan tingkat kesiapan dari masing-masing sekolah untuk mengimplementasikannya. kurikulum ini di implementasikan di semua jenjang sekolah. Tujuan dari di tulisnya artikel ini yaitu 1.) mengetahui apa itu kurikulum merdeka 2.) kesulitan yang di hadapi di kurikulum merdeka 3.) perbedaan 3 jenis kurikulum merdeka 4.) implementasi kurikulum merdeka 5.) faktor pendukung keberhasilan implementasi kurikulum merdeka. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi mengenai implementasi kurikulum merdeka di sekolah merdeka mandiri berubah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yaitu serangakaian kegiatan yang dimana didalamnya berkenaan dengan metode pengumpulan data pusataka,mencatat dan membaca serta mengumpulan data - data. Hasil dari pemilik ini memperlihatkan bagaimana implementasi kurikulum merdeka di sekolah mandiri merdeka mandiri berubah telah dilaksanakan dengan sebaik mungkin,walau demikian dalam pelaksanaannya masih banyak kekurangan dalam memperoleh data serta informasi. akan tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang dan mendapatkan kunci keberhasilan dari penerapan kurikulum ini adalah dari pihak kepala sekolah serta guru-guru yang berada di sekolah dasar yang memiliki tingkat kemauan yang tinggi dalam mempelajari lebih dalam kurikulum merdeka ini serta perubahan yang di hadapi. kepala sekolah sebagai pemimpin yang memimpin di dalam sekolah tersebut untuk membawa sumber daya manusia di dalamnya menjadi lebih baik dalam perubahan-perubahan yang ada,serta memberikan pelatihan-pelatihan kepada guru untuk memberikan perubahan dalam kurikulum merdeka ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...