Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 11 No 1 (2023): Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen

EVALUASI STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS QSPM DAN TOWS: STUDI KASUS PADA INDUSTRI MEBEL

Mohammad Farid (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Muhammad Ilham Adelino (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Nur Hasanah (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

UKM CP is one of the SMEs engaged in the furniture industry in Padang. The SME produces cabinets, dining tables and beds. The problems are product sales tend to be stagnant and show a downward trend in several products. Sales decline ranged from 46-72%. They do not evaluate their product marketing strategies and lack innovation. The purpose of this study is to evaluate marketing strategies to increase sales using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) and Threats-Opportunities-Weaknesses-Strenghts (TOWS) analysis. The data used are indikators on internal and external factors at UKM CP. The methods used are QSPM and TOWS. The results obtained were 15 out of 18 indikators fulfilling the validity and reliability tests. In the analysis using the QSPM method, the internal factors evaluation (IFE) and external factors evaluation (EFE) values are 3.21 and 3.01. The values of IFE and EFE place UKM in quadrant I and are in a growth position. Strategies for growth positions were analyzed using the TOWS method. The results obtained were three strategies for market development, three strategies for product development, and two strategies for market penetration. UKM CP merupakan salah satu UKM yang bergerak di industri mebel di Kota Padang dan memproduksi lemari, meja makan, dan tempat tidur. Permasalahan yang terjadi adalah penjualan produk cenderung stagnan dan menunjukkan tren menurun pada beberapa produk. Penurunan penjualan berkisar antara 46-72%. Hal ini disebabkan UKM tidak mengevaluasi strategi pemasaran produknya dan minim inovasi. Tujuan dari studi ini adalah mengevaluasi strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan di industri mebel dengan menggunakan analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dan Threats-Opportunities-Weaknesses-Strenghts (TOWS). Data yang digunakan adalah indikator-indikator pada faktor internal dan eksternal pada UKM CP. Metode yang digunakan adalah QSPM dan TOWS. Hasil yang didapatkan adalah 15 dari 18 indikator memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Dalam analisis menggunakan metode QSPM, nilai evaluasi faktor internal (IFE) dan faktor eksternal (EFE) adalah 3,21 dan 3,01. Nilai IFE dan EFE tersebut memposisikan UKM CP pada kuadran I dan berada pada posisi bertumbuh (growth). Strategi untuk posisi bertumbuh dianalisis menggunakan metode TOWS dan hasilnya didapatkan tiga strategi untuk pengembangan pasar, tiga strategi untuk pengembangan produk, dan dua strategi untuk penetrasi pasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PROCURATIO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen (p-ISSN: 2549-5690; e-ISSN: 2580-3743) menerbitkan artikel-artikel di bidang Manajemen, seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Sistem Informasi. Redaksi menerima artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, ...