Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 2 (2023)

Implementasi Proses Pembelajaran Taman Kanak- Kanak dari Perspektif Pedagogi Kritis

Cucu Atikah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Juliastuti Juliastuti (Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Cendekia Abditama)
Fahmie Firmansyah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mangku Wiyata)
Encep Syarifudin (Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
06 May 2023

Abstract

Banyaknya faktor-faktor eksternal yang dapat menggangu kegiatan proses pembelajaran dapat berakibat pada tidak optimalnya kegiatan pendidikan. Melalui pembelajaran pedagogi kritis sebagai sebuah gagasan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi proses pembelajaran Taman Kanak-kanak dari perspektif pedagogi kritis. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus jenis penelitiannya. Subjek penelitian yaitu seluruh civitas sekolah, terdiri dari kepala sekolah, guru dan juga peserta didik TK Al-Fityan School Tangerang yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa TK Al-Fityan School tergolong sebagai sekolah yang menyelenggarakan proses pembelajaran proyek kolaborasi Leadership, Al-Qur’an, Science Innovation and Character (PROLASIC) yang memiliki kesesuaian proses pembelajaran dari perspektif pedagogi kritis. Setiap peserta didik dapat memilih apa yang akan dipelajari dan bagaimana cara peserta didik belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...