Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB
Vol 3, No 5 (2015)

KESALAHAN PENGGUNAAN VERBA BANTU RASHII DAN MITAI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2012

VERDIANTI, APRILYA RENI (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2015

Abstract

Kata Kunci : Kesalahan, Verba Bantu, Rashii, Mitai Kesalahan dalam penggunaan bahasa sering terjadi dalam proses mempelajari bahasa asing. Begitu juga saat mempelajari bahasa Jepang yang memiliki banyak kata yang bersinonim. Misalnya penggunaan verba bantu rashii dan mitai yang dalam bahasa Indonesia sama-sama berarti ‘seperti’. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja kesalahan fungsi yang dilakukan dalam penggunaan rashii dan mitai dan mengetahui penyebab kesalahan tersebut.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif-kuantitatif. Data yang dijadikan objek analisis utuk menjawab permasalahan adalah hasil tes dan kuesioner dari 40 mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2012 Universitas Brawijaya. Analisis data yaitu dengan mengidentifikasi dan mengklasifikasi kesalahan, memeringkat kesalahan berdasarkan fungsi, menganalisis jawaban kuesioner dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 fungsi yang ada, kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah fungsi rashii untuk menyatakan dugaan berdasarkan pada informasi yang didengar atau dibaca dari buku dan fungsi mitai untuk memberikan suatu contoh dari suatu hal. Penyebab kesalahan tertinggi adalah karena penerapan kaidah tidak sempurna.Diharapkan dalam penyampaian materi pengajar dapat dengan detail menjabarkan fungsi rashii dan mitai dan mahasiswa lebih memperhatikan konteks kalimat sehingga kesalahan penggunaannya dapat berkurang. Penulis menyarankan peneliti selanjutnya untuk meneliti penggunaan verba bantu lain yang juga memiliki arti ‘seperti’ misalnya souda dan youda. Selain itu, untuk mencari penyebab kesalahan dapat menggunakan wawancara sebagai pengganti kuesioner.

Copyrights © 2015