Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 21, No 1 (2023): April 2023

Pengembangan Instrumen Penelitian The Qur’anic Verbal Communication Index (QVCI) Menggunakan Pemodelan Rasch

Subhan Afifi (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Indonesia)
Irwan Nuryana Kurniawan (Program Studi Psikologi, Universitas Islam Indonesia)
Bambang Sumintono (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Internasional Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini menekankan pentingnya eksplorasi prinsip-prinsip komunikasi dalam perspektif Islam untukmemperkaya teori-teori komunikasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan dan memvalidasiinstrumen penelitian yang dinamakan Indeks Komunikasi Verbal Qur’ani (Qur’anic Verbal CommunicationIndex/QVCI). Instrumen ini dapat digunakan untuk mengukur kualitas praktik komunikasi verbal berdasarkannilai-nilai yang ada dalam Al-Qur’an. Item pengukuran QVCI didasarkan pada ragam komunikasi verbalyang disebutkan dalam Al-Qur’an, seperti Qaulan Sadidan, Qaulan Ma’rufan, Qaulan Masyuran, QaulanKariman, Qaulan Balighan, dan Qaulan Layyinan. Pengembangan instrumen penelitian menggunakanmetode pemodelan Rasch dan melalui beberapa tahapan, termasuk validasi pakar yang menggunakanmetode Many Facet Rasch Model (MFRM) dan pengujian reliabilitas-validitas melalui metode pengujianRasch Rating Scale Model (RSM). Penelitian ini menyajikan modifikasi dan perbaikan yang dilakukan padainstrumen QVCI setelah tiga uji coba menggunakan pemodelan Rasch. Hasil pengujian validitas menunjukkanbahwa instrumen penelitian QVCI bersifat unidimensional, dan sebagian besar item menunjukkan kualitaspengukuran yang memuaskan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada kajian Komunikasi Islam denganmengembangkan instrumen penelitian yang bersumber dari ragam komunikasi verbal dalam Al-Qur’an.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...