JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan)
Vol 2, No 03 (2022)

Aplikasi Pengenalan Huruf Jepang Hiragana Dan Katakana Level Dasar Berbasis Android

Septiani Sansah (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2022

Abstract

AbstrakPada era globalisasi pada saat ini bahasa asing merupakan hal yang umum dan menjadi perbincangan orang banyak, persaingan di dunia kerja semakin menujukkan bahwa jika bisa berbahasa asing maka akan mempermudah mendapatkan pekerjaan. Bahasa Jepang merupakan bahasa yang semakin populer digunakan pada saat ini, selain budaya dan pendidikan membuat banyak masyarakat Indonesia tertarik belajar bahasa Jepang. Langkah awal dalam mempelajari bahasa Jepang ialah dengan mengenal berbagai huruf-huruf Jepang seperti Hiragana dan Katakana, setiap karakter huruf memiliki bunyi yang hampir sama namun berbeda arti. Dari hasil pengamatan peneliti terhadap sekolah SMKS Islam Wijaya Kusuma didapatkan bahwa masih banyaknya siswa-siswi yang belum bisa menghafal huruf Hiragana dan Katakana, berawal dari sinilah peneliti ingin membuat suatu media pembelajaran yang bisa memudahkan siswa-siswi dalam menghafal. Peneliti menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC), dimana pengembangan dalam metode ini akan mewujudkan implementasi sistem aplikasi yang akan peneliti rancang sesuai dengan kebutuhan siswa-siswi dalam belajar huruf Hiragana dan Katakana. Diharapkan penelitian ini mampu menyediakan media pembelajaran berbasis android sehingga para siswa di SMKS Islam Wijaya Kusuma dapat dengan mudah mempelajari ulang yang berkaitan dengan Hiragana dan Katakana, dengan men-download aplikasi serta menggunakannya tanpa harus terhubung dengan koneksi internet (offline). Kata Kunci : Aplikasi Android, Pembelajaran Huruf, Penelitian. AbstractIn the current era of globalization, foreign languages are common and become the talk of many people, competition in the world of work increasingly shows that if you can speak a foreign language, it will make it easier to get a job. Japanese language is an increasingly popular language used at this time, besides culture and education, many Indonesian people are interested in learning Japanese. The first step in learning Japanese is to get to know various Japanese letters such as Hiragana and Katakana, each letter character has almost the same sound but different meaning. From the results of the researchers' observations of the Wijaya Kusuma Islamic Vocational School, it was found that there were still many students who had not been able to memorize Hiragana and Katakana letters, starting from here the researchers wanted to create a learning media that could make it easier for students to memorize. The researcher uses the Software Development Life Cycle (SDLC) method, where the development in this method will realize the implementation of the application system that the researcher will design according to the needs of students in learning Hiragana and Katakana letters. It is hoped that this research will be able to provide android-based learning media so that students at Wijaya Kusuma Islamic Vocational School can easily re-learn things related to Hiragana and Katakana, by downloading applications and using them without having to connect to an internet connection (offline). Keyword : Android Applications, Learning Letters, Research.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRKT

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) adalah forum yang diterbitkan untuk publikasi hasil penelitian dengan seluruh spektrum komputasi dan kecerdasan buatan.JRKT yang dikelola dan diterbitkan oleh program studi Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI. JRKT memiliki periode publikasi ...