Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika dengan menggunakan teori polya dan kesulitanyang dialami dalam menyelesaikan soal fisika. Metode yang digunakan bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 8 orang peserta didik kelas XI IPA SMA St. Gerardus Mayella Kalembu Weri. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes soal dalam bentuk essay dan wawancara kepada peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan kategori tingkat kemampuan dan persentase kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan peserta didik kategori sangat tinggi 8%, kategori tinggi 29%, kategori sedang 46% dan kategori rendah 17%. Sedang aspek kemampuan siswa berdasarkan tahapan Polya yaitu siswa mampu memahami masalah dalam soal dengan persentase 38%, siswa mampu merencanakan masalah dalam soal dengan persentase 34%, siswa mampu melaksanakan rencana dengan persentase 19% dan siswa mampu memeriksa kembali jawaban dengan persentase 9%, dengan demikian kemampuan siswa SMAK St. Gerardus Mayella termasuk kategori sedang dalam menyelesaikan soal fisika. Pada tahapan memahami masalah dan membuat perencanaan sebagian besar siswa telah mampu menyelesaikannya, sedangkan pada tahapan melaksanakan perencanaan dan mengecek kembali masih banyak peserta didik yang mengalami kekeliruan dalam menyelesaikannya. Kesulitan yang dialami peserta didik adalah dalam menentukan persamaan, mengingat besaran dan satuan, serta menghitung angka yang rumit.
Copyrights © 2021