Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 5 No. 2 (2021)

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR MENGGUNAKAN TEORI POLYA

Yulita Anjelina Bulu (Unknown)
Desak Made Anggraeni (STKIP Weetebula)
Yulita Adelfin Lede (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika dengan menggunakan teori polya dan kesulitanyang dialami dalam menyelesaikan soal fisika. Metode yang digunakan bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 8 orang peserta didik kelas XI IPA SMA St. Gerardus Mayella Kalembu Weri. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes soal dalam bentuk essay dan wawancara kepada peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan kategori tingkat kemampuan dan persentase kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan peserta didik kategori sangat tinggi 8%, kategori tinggi 29%, kategori sedang 46% dan kategori rendah 17%. Sedang aspek kemampuan siswa berdasarkan tahapan Polya yaitu siswa mampu memahami masalah dalam soal dengan persentase 38%, siswa mampu merencanakan masalah dalam soal dengan persentase 34%, siswa mampu melaksanakan rencana dengan persentase 19% dan siswa mampu memeriksa kembali jawaban dengan persentase 9%, dengan demikian kemampuan siswa SMAK St. Gerardus Mayella termasuk kategori sedang dalam menyelesaikan soal fisika. Pada tahapan memahami masalah dan membuat perencanaan sebagian besar siswa telah mampu menyelesaikannya, sedangkan pada tahapan melaksanakan perencanaan dan mengecek kembali masih banyak peserta didik yang mengalami kekeliruan dalam menyelesaikannya. Kesulitan yang dialami peserta didik adalah dalam menentukan persamaan, mengingat besaran dan satuan, serta menghitung angka yang rumit.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...