Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 5 No. 2 (2021)

KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA STKIP WEETABULA

Apliana Ina (STKIP Weetebula)
Yulita Adelfin Lede (STKIP Weetebula)
Melkianus Suluh (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Seberapa besar lulusan perguruaan tinggi mampu berkiprah dalam dunia kerja sesuai relevansi pendidikannya dapat dilakukan dengan penelusuran lulusan yang disebut tracer study yang bertujuan untuk melacak jejak lulusan atau alumni yang dilakukan setelah lulus. Penelitian tentang kepuasan pengguna lulusan program studi pendidikan fisika STKIP Weetebula ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna lulusan program studi pendidikan fisika STKIP Weetebula. Jenis penelitian adalah penelitian survey dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran angket melalui google form, instrumen penelitian yang digunakan ini berpedoman pada lembar kerja program studi akreditasi perguruan tinggi 4.0. Populasi pada penelitian ini seluruh instansi tempat alumni bekerja sedangkan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa sesuai dengan 7 aspek berdasarkan lembar kerja program studi akreditasi perguruan tinggi 4.0. pembahasan berdasarkan ketujuh aspek penilaian pengguna secara keseluruhan mulai dari aspek yang tertinggi hingga yang terendah yaitu aspek keahlian berdasarkan bidang keilmuan, aspek kemampuan kerjasama tim, aspek penggunaan teknologi informasi, aspek kemampuan pengembangan diri, aspek kemampuan berkomunikasi, aspek etika, aspek kemampuan berbahasa asing pengguna menilai puas kecuali aspek kemampuan berbahasa asing pengguna menilai cukup puas hal ini diketahui berdasarkan saran dari pengguna bahwa rata-rata alumni masih kurang dalam menguasai bahasa asing sehingga untuk aspek kemampuan berbahasa asing perlu ditingkatkan lagi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...