Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 6 No. 2 (2022)

PENERAPAN PENDEKATAN INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI MANANGA ABA

Yustina Tamu Ina (STKIP Weetebula)
Engel Bertha Halena Gena (STKIP Weetebula)
Kanisius Kami (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah melalui penerapan pendekatan integratif dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Mananga Aba. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Mananga Aba. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mananga Aba yang berjumlah 7 orang. Pada penelitian ini dilakukan dua siklus dan tiap siklus di lakukan dua pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus 1 ketuntasan rata-rata siswa 3 orang dengan ketuntasan klasikal 42,85%, sedangkan siklus 11 ketuntasan siswa meningkat rata-rata 7 orang dengan klasikal 100%. Dan pada observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru dimana pada observasi aktivitas guru siklus 1 pertemuan 1 dengan skor nilai 75 dan pertemuan ke-11 dengan skor nilai 88,23 dengan kategori baik, dan pada observasi siswa siklus 1 pertemuan 1 dengan skor nilai 66,66 dan pertemuan ke-11 dengan skor nilai 72,22 dengan kategori cukup baik. Namun pada siklus 11 ada perkembangan dimana observasi guru siklus 11 pertemuan 1 dengan skor 91,17 dan pertemuan ke-11 dengan skor 95,58 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan metode integratif dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa IV Sekolah Dasar Negeri Mananga Aba.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...