Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Penerapan Model Pembelajaran Peer Teaching terhadap Hasil Belajar pada Materi Olahraga Permainan Bolatangan

Sukardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2023

Abstract

Hasil belajar khususnya pada materi olahraga materi permainan bolatangan di sekolah umumnya masih rendah. Hal ini terlihat dari masih banyak guru sekolah masih jarang mengajarkan/ mempraktekkan materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran peer teaching terhadap hasil belajar pada materi olahraga permainan bolatangan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penilaian tes. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Peningkatan hasil belajar pada materi olahraga permainan bolatangan melalui penerapan model pembelajaran peer teaching. Hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I yang tuntas belajar sebanyak 19 siswa (57,00%), dan pada siklus II sebanyak 28 siswa (83,00%). Disamping ketuntasan belajar juga diperkuat dengan nilai rata-rata hasil tes yang meningkat darai siklus I 57,00 pada siklus II meningkat menjadi 83,00. Walaupun belum tuntas 100% namun bisa dikatakan pelaksanaan tindakan ini berhasil. Penggunaan model pembelajaran peer teaching terhadap hasil belajar pada materi olahraga permainan bolatangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...