Hasil belajar khususnya pada materi olahraga materi permainan bolatangan di sekolah umumnya masih rendah. Hal ini terlihat dari masih banyak guru sekolah masih jarang mengajarkan/ mempraktekkan materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran peer teaching terhadap hasil belajar pada materi olahraga permainan bolatangan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penilaian tes. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Peningkatan hasil belajar pada materi olahraga permainan bolatangan melalui penerapan model pembelajaran peer teaching. Hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I yang tuntas belajar sebanyak 19 siswa (57,00%), dan pada siklus II sebanyak 28 siswa (83,00%). Disamping ketuntasan belajar juga diperkuat dengan nilai rata-rata hasil tes yang meningkat darai siklus I 57,00 pada siklus II meningkat menjadi 83,00. Walaupun belum tuntas 100% namun bisa dikatakan pelaksanaan tindakan ini berhasil. Penggunaan model pembelajaran peer teaching terhadap hasil belajar pada materi olahraga permainan bolatangan.
Copyrights © 2023