Jurnal Kesehatan Tambusai
Vol. 4 No. 2 (2023): JUNI 2023

ECOLOGICAL STUDY: CORRELATION OF RAINFALL WITH DENGUE HEMORRHAGIC FEVER USING TIME SERIES ANALYSIS AND GIS IN SEMARANG CITY (2017-2021)

Sholeha Dwi Oktavia Ningsih (Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang)
Arulita Ika Fibriana (Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
07 May 2023

Abstract

Terdapat kurang lebih 2,5 miliar orang di seluruh dunia berada di bawah ancaman demam berdarah. Tercatat sebesar 108.303 kasus DBD dengan 747 kematian di Indonesia tahun 2020. Kota Semarang menjadi salah satu wilayah endemik DBD di Indonesia. Salah satu faktor yang memiliki kolerasi dengan DBD adalah curah hujan. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui keterbaruan mengenai kolerasi curah hujan dengan kasus DBD di Kota Semarang 2017-2021 melalui rancangan studi ekologi dengan pendekatan time series. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji kolerasi Pearson. Sedangkan analisis spasial menggunakan perangkat lunak GIS berupa ArcGIS. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa nilai p= 0,575, dan nilai r=-0,340. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak adanya kolerasi antara curah hujan dengan kasus DBD di Kota Semarang tahun 2017-2021 dengan kekuatan kolerasi sedang dan arah negatif. Daerah dengan persebaran kasus DBD tinggi merupakan daerah yang padat penduduk dan terletak di dataran tinggi. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah menambahkan variabel lain yang berkaitan dengan DBD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkt

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

JURNAL KESEHATAN TAMBUSAI Adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian kesehatan yang terintegrasi dengan bidang kesehatan Jurnal ini berguna bagi tenaga kesehatan di dinas kesehatan, puskesmas, rumah sakit, mahasiswa kesehatan, tenaga pengajar bidang kesehatan lainnya pada umumnya. Jurnal ...