Rumah sakit merupakan instansi kesehatan tempat masyarakat atau pasien dalam menerima pelayanan kesehatan yang optimal. Setiap pasien menginginkan pelayanan kesehatan yang baik karena pelayanan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan setiap orang. Semua orang menginginkan untuk dihargai, dilayani, dan ingin memperoleh kedudukan yang sama di masyarakat. Pada kenyataanya dalam memberikan pelayanan kesehatan di Indonesia sering terdapat perbedaan antara pasien satu dengan pasien yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasaan dengan loyalitas pasien dalam pelayanan asuhan keperawatan. Penelitian ini menggunakan analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di Rumah Sakit Bhayangkara Pekanbaru dengan sampel sebanyak 53 pasien. Variabel independen kepuasaan dan variabel dependen loyalitas pasien yang diteliti secara bersamaan dengan menggunakan lembar kuesioner guna mengetahui secara statistik seberapa besar hubungan kepuasaan dengan loyalitas pasien dalam pelayanan asuhan keperawatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 76% pasien menyatakan puas dengan pelayanan asuhan keperawatan di RS Bhayangkara dan sebanyak 60% pasien memiliki loyalitas yang tinggi dengan RS Bhayangkara. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa ada hubungan antara kepuasan pasien dengan loyalitas pasien dalam pelayanan asuhan keperawatan (p value=0,017). diharapkan bidang pelayanan keperawatan di RS Bhayangkara perlu meningkatkan monitoring dan evaluasi terkait kepuasan pasien secara berkala agar Skualitas asuhan keperawatan yang diberikan lebih baik lagi.
Copyrights © 2023