Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian anak sebelum pemberian reward melalui token berkarakter terhadap kemandirian anak, kemandirian anak setelah pemberian reward melalui token berkarakter terhadap kemandirian anak dan efektivitas pemberian reward terhadap kemandirian anak melalui token berkarakter. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode eksperimen model pre-experimental designs dengan bentuk One-group pre-test post-test design. Subjek penelitian yang dijadikan sebagai sampel penelitian ini merupakan anak usia 5-6 Tahun di Kelompok B2 Raudhatul Athfal Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenang Provinsi Kalbar yang berjumlah 4 orang anak yang berperilaku kemandirian rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara dan model checklist. Sedangkan jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Adanya peningkatan keterampilan perilaku kemandirian anak sebelum dan setelah diberikan token yang ditunjukkan oleh hasil pre-test dan post-tes. Hal tersebut berdasarkan hasil dari perhitungan kuantitatif yang menggunakan rumus uji t paired sampel test antara pre-test dan post-test bahwa thitung adalah 22.045 sedangkan ttabel dengan signifikasi (2 tailed) df = N -1 = 4 – 1 = 3, sebesar 0,00. Nilai sig 0,00 < 0,05, maka thitung > ttabel (22.045 > -2,35) kemandirian anak setelah pemberian reward melalui token berkarakter dapat dikatakan efektivitas maka Ha diterima dan Ho ditolak, karena perilaku kemandirian anak mengalami peningkatan setelah diberikan treatment/perlakuan melalui pemberian reward berupa token berkarakter. Kata Kunci: Kemandirian Anak, Pemberian Reward, Token Berkarakter
Copyrights © 2023