Semesta Teknika
Vol 26, No 1 (2023): MEI

Kinerja Pembubutan Basah pada Baja Dikeraskan Berdasarkan Permukaan Akhir Menggunakan Parameter Pemotongan yang Berbeda

Paulus Yustinus Maria Wibowo Ndaruhadi (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Manufaktur, Universitas Jenderal Achmad Yani)
Toto Triantoro Budi Wardoyo (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Manufaktur, Universitas Jenderal Achmad Yani)
Deny Bayu Saefudin (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Manufaktur, Universitas Jenderal Achmad Yani)
Muhamad Zulfian Fiqri (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Manufaktur, Universitas Jenderal Achmad Yani)



Article Info

Publish Date
20 May 2023

Abstract

Baja yang dikeraskan banyak digunakan untuk produk dengan persyaratan tinggi, termasuk akurasi dimensi dan permukaan akhir. Proses gerinda silindris yang dinilai kurang ramah lingkungan karena penggunaan cairan pemotongan yang banyak. Proses pembubutan baja yang dikeraskan dapat sebagai substitusi proses gerinda. Tujuan studi adalah untuk mengetahui kinerja pembubutan basah dari baja yang dikeraskan berdasarkan respon permukaan akhir dan keausan pahat menggunakan parameter pemotongan yang berbeda. Beberapa percobaan pembubutan basah dilakukan pada baja AISI-O1 yang dikeraskan (± 58 HRC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerak makan minimum pada semua kecepatan potong mampu menghasilkan kekasaran permukaan yang menurut ISO dikategorikan sebagai N6 dan identik dengan produk proses gerinda. Kombinasi parameter pemotongan minimum menghasilkan permukaan akhir terbaik (Ra 0,625 – 0,802 mm). Keausan tepi meningkat seiring dengan peningkatan gerak makan yang berada pada kisaran 0,037 – 0,109 mm.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

st

Publisher

Subject

Engineering

Description

SEMESTA TEKNIKA is a reputable refereed journal devoted to the publication and dissemination of basic and applied research in engineering. SEMESTA TEKNIKA is a forum for publishing high quality papers and references in engineering science and technology. The Journal is published by the Faculty of ...