Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika, dan hambatan epistimologi yang terjadi pada siswa SMP terkait materi statistika. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Pada penelitian ini subjek yang digunakan sebanyak 26 siswa. Penelitian menggunakan teknik analisis yang mengidentifikasi hasil jawaban siswa yang dideskripsikan dengan bentuk kata-kata. Berdasarkan penelitian diperoleh kemampuan pemahaman konsep matematika siswa termasuk kategori sedang, hambatan epistimologi yang dihadapi siswa terkait pemahaman konsep matematika dalam menyelesaikan soal statistika; hambatan konseptual yang terjadi adalah ketidaksesuaian dalam penggunaan rumus, dan kekeliruan dalam menentukan rumus atau definisi; hambatan prosedural yang terjadi adalah siswa tidak mampu untuk menyelesaikan soal materi sampai pada bentuk paling sederhana sehingga perlu dilakukan langkah-langkah lanjutan, dan langkah penyelesaian soal materi yang diperintahkan tidak sesuai dengan langkah penyelesaian yang dilakukan oleh siswa; hambatan teknik operasional yang terjadi ialah kesalahan yang dilakukan siswa dalam penulisan serta perhitungan dalam menjawab.
Copyrights © 2023