Pi: Mathematics Education Journal
Vol. 6 No. 1 (2023): April

Karakterisasi Pengajuan Pertanyaan Mahasiswa Calon Guru Sebagai Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Moh Zayyadi (Universitas Madura)
Harfin Lanya (Universitas Madura)
Ubaidi (Universitas Madura)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah melakukan karakterisasi pengajuan pertanyaan mahasiswa calon guru sebagai dasar keterampilan berpikir tingkat tinggi guru. Dalam menentukan subjek penelitian, peneliti bekerjasama dengan Prodi Pendidikan Matematika Universitas Madura dan salah satu Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pamekasan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika Universitas Madura yang sedang menempuh mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Subjek tersebut untuk melakukan karakterisasi pertanyaan yang ada dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Sesuai dengan jenis penelitian, penelitian kualitatif, instrumen utama dalam penelitian ini adalah pengamatan peneliti, Instrumen pendukung dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, alat perekam, software bantu untuk video dan transkrip data dan lembar observasi. Instrumen pendukung digunakan oleh peneliti sebagai pendukung untuk memperoleh data tentang aktivitas mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Instrumen divalidasi berdasarkan validasi konten, konstruksi masalah, bahan dan bahasa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan urutan: klasifikasi data, reduksi data, penyajian data, penafsiran, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ada beberapa pertanyaan yang dilakukan oleh mahasiswa calon guru seperti pertanyaan bertujuan, pertanyaan konvergen, pertanyaan klasikal, pertanyaan tindak lanjut, leading question

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pmej

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of ...