Perkembangan teknologi dan informasi mendorong bisnis di bidang makanan dan minuman menjadi makin kreatif. Kopi menjadi salah satu minuman yang disukai kalangan anak muda maupun orang tua. Dengan meningkatnya jumlah coffee shop di Sidoarjo, banyak orang dapat menikmati sajian kopi yang kualitasnya sama dengan coffee shop dari luar negeri.. Café Kopili adalah salah satu perusahaan bisnis coffee shop yang perlu merancang produknya agar dapat diterima oleh masyarakat khususnya kaum milenial, sehingga dapat memenangkan persaingan bisnis di bidang coffee shop. Penelitian ini menggunakan metode conjoint analysis yang bertujuan untuk merancang atribut yang dianggap penting berdasarkan preferensi konsumen. Hasil penelitian didapatkan stimuli (kombinasi) atribut berupa suasana yang paling diinginkan konsumen adalah instagramable, layanan open bar, dengan harga yang diinginkan < Rp 15.000 dan minuman manual brew. Hal ini dapat digunakan sebagai strategi bagi café Kopili dalam merancang pemasaran produknya sehingga mempunyai daya saing dalam bisnis minuman kopi. Kata kunci: Coffee Shop, Preferensi Konsumen, Analisis Konjoin
Copyrights © 2023