Journal of Educational Management and Strategy
Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Educational Management and Strategy (JEMAST)

Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning pada Sejarah Kebudayaan Islam

Armita Dwi Lestari (Universitas Islam Negri Sumatera Utara)
Reni Pratiwi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Siti Julaiha Nastion (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) adalah sebuah mata pelajaran dari Pendidikan Agama Islam yang mengarahkan setiap peserta didik untuk dapat mengenal, memahami sejarah tentang islam, kemudian dapat dijadikan sebagai dasar pandangan dalam hidup siswa tersebut. Dengan adanya bimbingan, pengajaran, dan latihan menggunakan pengalaman dan juga pembiasaan. Pembelajaran SKI ini sangat penting dalam kehidupan siswa, realita yang terjadi sebenarnya siswa menganggap pembelajaran SKI ini sangat membosankan, oleh sebab itu diterapkan lah metode pembelajaran kontekstual yang mengkaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata, sehingga pembelajaran tidak terlalu membosankan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan apakah strategi pembelajaran CTL pada SKI dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan untuk mengidentifikasi respon dari peserta didik tersebut. Peneliti kali ini menggunakan jenis penelitian Library Research atau biasa disebut kualitatif. Dalam pengumpulan data sendiri yaitu observasi dan dokumentasi. Analisisnya yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian kali ini yaitu CTL dalam SKI dapat meningkatkan kualitas belajar siswa, strategi CTL ini dapat mengintegrasikan materi pembelajaran pada kejadian yang terjadi dalam kehidupan nyata, sehingga dengan diterapkannya strategi CTL ini dapat mengikuti pembelajaran yang telah disampaikan. Jadi dengan adanya strategi ini dapat meningkatkan keefektifan dalam pembelajaran SKI dan dapat mewujudkan pembelajaran yang lebih berkualitas. Hasilnya strategi ini bisa di bilang berhasil dengan adanya indikasi bahwa pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan menyenangkan, dan memuaskan. Abstract Learning Islamic Cultural History (SKI) is a subject of Islamic Religious Education which directs each student to be able to recognize, understand the history of Islam, then it can be used as a basic view in the student's life. With guidance, teaching, and practice using experience and also habituation. SKI learning is very important in students' lives, the reality is that students actually find SKI learning very boring, therefore contextual learning methods are applied that link learning to real life, so that learning is not too boring. The purpose of this study is to explain whether CTL learning strategies in SKI can improve the quality of learning and to determine the responses of these students. The researcher this time uses the type of research Library Research or commonly called qualitative. In collecting the data itself, namely observation and documentation. The analysis is using descriptive qualitative analysis. The results of this research are that CTL in SKI can improve the quality of student learning, this CTL strategy can integrate learning material in real-life events, so that by implementing this CTL strategy it can follow the learning that has been delivered. So the existence of this strategy can increase effectiveness in SKI learning and can create higher quality learning. The results of this strategy can be said to be successful with indications that the learning can run in a fun, and satisfying way.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jemast

Publisher

Subject

Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Educational Management and Strategy (JEMAST) (e-ISSN : 2964-4283) is a refereed journal published by Yayasan Lembaga Studi Makwa (Makwa Foundation). It is a semi-annual journal published in January and December. The JEMAST has sought to publish research on publishing qualitative, ...