Jurnal Penelitian
Volume 13 Nomor 1 2016

Menakar Dampak Turn-Over Pada Instansi Pendidikan (Studi Kasus Turn-Over Guru di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Banyuputih Batang)

Muhammad Iskarim (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari adanya pergantian (turn-over) guru di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Banyuputih kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analitis dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam, angket, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan adanya turn-over yang tinggi pada guru atau pendidik di madrasah tersebut; keuntungan yang bersifat positif justru didapatkan ketika adanya turn-over guru dibandingkan dampak negatifnya; dan kehadiran guru baru menjadi hal yang sangat disukai oleh siswa dalam hal kreativitas, inovasi pembelajaran, motivasi, dan lain sebagainya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Penelitian

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Social Sciences Other

Description

JURNAL PENELITIAN is a peer-reviewed journal published by LP2M UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan with print-ISSN: 1829-9903 and online-ISSN: 2541-6944 Focus and Scope Jurnal Penelitian provides the materials for the readers to understand more about Islamic studies and their correlation to ...