Hasil Karya Aisyiyah Untuk Indonesia
Vol 1, No 1 (2021): Oktober

Psikoedukasi dan Hipnoterapi untuk Penanganan Insecure pada Remaja

Zahro Varisna Rohmadani (Universitas '
Aisyiyah Yogyakarta)

Tri Winarsih (Universitas '
Aisyiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2021

Abstract

Pembelajaran secara daring (online) yang dilakukan selama masa berlangsungnya pandemi Covid-19 membuat siswa mengubah metode dan pola belajar yang biasa mereka lakukan. Intensitas penggunaan smartphone dan jaringan internet sebagai sarana pembelajaran justru ikut meningkatkan aktifitas siswa dalam berinteraksi melalui media sosial. Para siswa SMA yang masih berada dalam kategori remaja ini jika tidak diawasi dalam penggunaan media sosialnya maka akan rentan mengalami perasaan insecure. Insecure adalah perasaan lemah, tidak percaya diri dan putus asa yang dialami seseorang akibat seringnya membandingkan diri sendiri melalui media sosial yang dimilikinya dengan orang lain yang dianggap lebih mampu atau berdaya. Perasaan insecure pada siswa ini harus segera diatasi karena siswa yang mengalami insecure memperlihatkan produktifitas belajar yang cenderung menurun. Solusi yang bisa ditawarkan adalah melalui psikoedukasi dan hipnoterapi yang diberikan kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman diri dan penanaman sugesti yang positif. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hayina

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

Focus and Scope of the articles published in the Hayina (Hasil Karya Aisyiyah untuk indonesia) Jurnal such as Participatory Action Research, Asset-Based Community Development, Community-Based Research, Service Learning, Community Development and Community ...