Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Vol 1, No 01 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah

Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto Tahun Ajaran 2020/2021

Mukhtaliful Luyus (Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor)
Rahendra Maya (Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor)
Muhamad Priyatna (Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti dalam menanamkan karakter religius siswa di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian sebagai berikut: 1. Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti dalam menanamkan karakter religius siswa yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi program intrakurikuler dan ektrakurikuler. 2. Faktor pendukung yaitu prasarana dan sarana di sekolah, semangat guru dalam mengajar, lingkungan yang bersih dan nyaman, program kegiatan sekolah meliputi intrakurikuler dan ektrakurikuler. 3. Faktor penghambat: kurangnya motivasi dari internal siswa, adanya pengaruh faktor keluarga siswa, pengaruh pertemanan, pengaruh penggunaan handphone, dan kurangnya keteladanan dari para guru. 4. Solusi mengatasi faktor penghambat: melakukan pendekatan persuasife, belajar memahami, dan mengenal psikologis siswa, mengadakan pembinaan dan pertemuan orang tua, guru memberikan nasehat agar memilih teman yang baik, mengajak orang tua siswa untuk ikut serta mengawasi siswa dalam pergaulan, mengoptimalkan media komunikasi, menghimbau batasan penggunaan smartphone pada siswa, dan memberikan suri teladan yang baik dan budaya saling mengingatkan dalam kebaikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

contains various activities of the teaching staff in STAIA Bogor in handling and managing the different potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. Service activities are ...