Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah

STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI MASA PENDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA BOGOR

Devi Mulyana Sari (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor)
M Hidayat Ginanjar (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor)
Heriyansyah Heriyansyah (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen pemasaran pendidikan di masa pandemic covid-19 dalam meningkatkan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah Kota Bogor (1) untuk mengetahui peningkatan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah Kota Bogor (2) untuk mengetahui faktor-faktor penghanbat (3) untuk mengetahui solusi mengatasi faktor-faktor penghambat. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Kota Bogor yang beralamat di Jalan Pahlawan Gang Raden Saleh No.55, Empang, Kec.Kota Bogor Selatan, Kota Bogor Prov. Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diantaranya: (1) strategi manajemen pemasaran pendidikan di masa pandemic covid-19 dalam meningkatkan jumlah siswa, bahwa pihak sekolah menggunakan strategi pemasaran dengan melibatkan nama besar organisai Muhammadiyah sebagai sebuah umpan dalam menarik minat masyarakat luas terhadap SMP Muhammadiyah Kota Bogor. (2) untuk mengetahui peningkatan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah Kota Bogor, pihak sekolah kesulitan dalam meningkatkan jumlah peserta didik karena sulitnya melakukan pemasaran di dalam keadaan pandemic saat ini. (3) faktor penghambat, yaitu pihak sekolah tidak dapat langsung menjangkau sekolah-sekolah yang masih dalam keadaan zona merah dikarenakan terhalang oleh adanya aturan PSBB. (4) solusinya yaitu, pihak sekolah akan melakukan perbaikan dari segi strategi pemasaran ataupun pelayanan serta lebih meningkatkan lagi kualitas pendidikan serta keunggulan yang di miliki sekolah SMP Muhammadiyah Kota Bogor dan akan terus menggali potensi pserta didik dan guru memulai prestasi akademik mapun non akademik. Dapat disimpulkan strategi manajemen pemasaran pendidikan di masa pandemic covid-19 dalam meningkatkan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah Kota Bogor, sudah masksimal

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

contains various activities of the teaching staff in STAIA Bogor in handling and managing the different potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. Service activities are ...