Tingkat keberhasilan dari pembelajaran Al-Qur’an ini di antaranya ditentukan oleh metode yang digunakan para pendidik Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Asy-Syafi’i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi orang dewasa di Majelis Taklim Daar At-Taubah Tahun 2020. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: Implementasi metode Asy-Syafi’i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik cukup baik. Faktor pendukungnya adalah (a) Manajemennya sudah cukup baik; (b) Standarisasi meliputi waktu dan metode yang digunakan sudah cukup baik; dan (c) Dari semangat dan kemauan peserta didik sudah baik. Faktor penghambatnya adalah (a) Kurangnya kedisiplinan peserta didik; (b) Peserta didik ialah usia lanjut (lansia); dan (c) Kurangnya pertemuan karena hanya satu kali dalam sepekan. Solusi terhadap faktor penghambat adalah (a) Memaksimalkan kinerja seorang pendidik dan mampu menyampaikan materi ajar dengan berbagai strategi; (b) Dibuatkan aturan yang tegas dan dibimbing terus agar lebih disiplin; dan (c) Menambah pertemuan tatap muka proses belajar mengajar.
Copyrights © 2022