Ekstrakurikuler Baca Tulis Qur’an memiliki peran yang cukup besar dalam membantu siswa belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dengan demikian selain dapat membacanya diharapkan siswa dapat pula memahami serta dapat mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrakurikuler baca tulis Qur’an terhadap hasil belajar kompetensi dasar membaca Al-Qur’an siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini terdapat 113 siswa, dengan teknik sampling sebanyak 25% ditetapkan sampel sebnyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi, yaitu r hitung lebih besar dari r tabel (0,652 > 0,374). Yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, dan berada dalam tingkatan hubungan kuat. Uji determinasi memberikan pengaruh sebesar 42,5%. Sedangkan uji signifikansi dengan derajat kebebasan (dk) dan taraf kesalahan , diperoleh t tabel 2,055. Karena t hitung lebih besar dari t tabel (4,386 > 2,055 ) artinya ada pengaruh yang signifikan antara ekstrakurikuler baca tulis Qur’an terhadap hasil belajar kompetensi dasar membaca Al-Qur’an.
Copyrights © 2022