Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah

UPAYA GURU AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 28, 29, DAN 30 BAGI SISWA KELAS V SDIT QATRUNNADA CIOMAS BOGOR

Haji Aziz S. Koli (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor)
M Sarbini (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor)
Ali Maulida (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Peratam, kondisi hafalan Al-Qur’an bagi siswa kelas V di SDIT Qatrunnada Ciomas Bogor telah berjalan dengan baik. Kedua, upaya guru Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an, diantaranya dengan metode talaqqi guru membaca dan siswa mengikutinya agar bacaan murid sesuai dengan hukum bacaan Al-Qur’an dan untuk memperbaiki bacaan siswa. Ketiga, adapun faktor yang mendukung bagi siswa dalam menghafal Al-Qur’an diantaranya adalah akhlak yang baik sehingga para siswa terpacu dalam menghafal Al-Qur’an, lingkungan yang nyaman dan sejuk, bersungguh-sungguh dalam menghafal, punya harapan yang tinggi, khususnya dalam menghafal Al-Qur’an. Keempat, faktor yang menghambat, yaitu sering berganti-gantinya mushaf Al-Qur’an yang digunakan dalam menghafal, terlalu banyak penggunaan media elektronik sampai melampaui batas, serta terlalu banyaknya bergurau sesama teman. Kelima, solusi yang diambil oleh guru Al-Qur’an Sadalah menanamkan akhlak baik agar dimiliki para siswa sehingga terpacu dalam menghafal Al-Qur’an

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

contains various activities of the teaching staff in STAIA Bogor in handling and managing the different potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. Service activities are ...